bersamamu.. kulewati..



ada banyak hal yang mesti ku kerjakan
tapi, di week 6 Blok 3.2 ini aku tersentak


tentang perjalananku sejauh ini bersama Ilmu Keperawatan
ialah jurusan yang tak pernah ada dalam benak atau pikiran
dulu, sewaktu kecil jika pertanyaan klasik ditujukan padaku, Nonny cita-citanya apa?
jujur, aku bingung dengan cita-cita ku. intinya aku pengen menolong orang lain, tapi seringnya aku menyebutnya dengan guru atau dosen. keren aja gitu bisa mencerdaskan anak Indonesia.
tapi.. kalau mau jadi guru atau dosen, dosen apa? ._.

kuliah terakhir di blok ini, cukup memutar otakku ke masa lalu : dosen bilang, sah sah saja kalau penelitian itu berasal dari pengalaman pribadi.
ya, kalau dipikir, kenapa aku memilih jurusan keperawatan sebagai jenjang studi yang aku lanjutkan setelah SMA? karena mungkin ini berasal dari pengalaman pribadi.
dan jujur saja, aku gak begitu passion kok di sini. aku malah merasa senang sekali waktu mengajar. bahkan, ngajar tahsin lebih aku sukai ketimbang kuliah keperawatan.
FYI kan dulu aku SNMPTN pilihnya CUMA gizi kesehatan UGM. kupikir aku akan jadi ahli gizi yang akan ngajari orang-orang tentang gizi yang baik. ketika SBMPTN tiba, aku mulai yakin menyantumkan Ilmu Keperawatan di pilihan kedua. hii apasih, jurusan keperawatan ._. kerjaan ngurusi orang sakit, pasti capek, ngeladeni orang, 
jeng-jeng... ternyata takdir berkata lain, SBMPTN meluluskan aku di pilihan kedua. padahal aku nggak bisa ngerjain soal SBM -_- belajar sungguh-sungguh baru H-3 pekan. sedangkan teman2ku sudah sibuk les di mana-mana

kenapa pengalaman pribadi?
mungkin tak banyak orang tau tentang pengalaman pribadi yang kemudian di lain hari mengantarkan ia menjadi yang sekarang ini.
beberapa terakhir aku terpapar dengan merawat orang.
aku melihat bagaimana proses orang dirawat karena sakit..
singkat cerita, dari situ aku jadi gregeten karena merasa kalau perawatannya harusnya nggak gitu nggak siiih
dan kata kakak pekananku (read : MR) kita saat ini adalah kumpulan kita di masa lalu.
ya bener juga sih.. jruusan ku ini memang hasil dari pengalamanku dan entah skenario Allah kenapa memilihkan ini. baca lagi ya, aku gak  belum passion di keperawatan.

passion itu.. ketika kamu sangat menjiwai bidang studimu. makan minum jalan ingetnya dia terus.. liat apa yang berkaitan sama bidang itu kamu jadi kepo. bahkan kata orang sampai lupa makan minum karena saking cintanya. lebih lebih ya kalo dia sangat passion di situ, apa yang dia pahami jauh melampaui yang lainnya. misal nih lagi semester satu, tapi kamu udah paham materi S2 sekalipun ! waa itu keren banget lah. di kelas rasanya cuma mengulang dan menguatkan pemahaman. biasanya kalau udah yang namanya passion, mesti kerjanya bagus di bidang itu. kalau di keperawatan mungkin tolok ukurnya nilai ujian akhir blok dan skills nya mendewa. karena dia udah kelewat paham dengan passionnya itu..

3.2
 adalah blok tentang penelitian dan edukasi in nursing
matkul isinya cuma bahas penelitian...
blok ini cukup menjadi alarm keras kalo KAMU GAK MUDA LAGI
yups! otw jadi mahasiswa akhir. mulai mikir judul skripsi.. mikir mau jadi perawat apa nanti..
karena ngerjain skripsi adala tanda dan gejala kamu mahasiswa tua di kampus wkwk
maksudnya tua, studi akademik udah hampir selesai.

tapi..
kata orang, jurusan itu juga bukan perkara passion nggak passion. ia adalah kesungguhanmu.
ada yang passionnya di bidang A tapi dia jurusannya B, karena sungguh-sungguh dia bisa survive di situ. gak dikit juga sih yang memang karena nggak sesuai passion dipaksakan di jurusan X dia mati di tengah jalan...

kalo gini jadinya... BACK TO YOUR PURPOSE OF LIFE !!!

akhir kata, jalani saja :)

Comments

Popular posts from this blog

Celengan rindu

Apa itu Vaginismus? Bagaimana islam memandang?

Review Film Jakarta Unfair dan opini mengenai permasalahan kemanusiaan di Indonesia