pertolongan Allah


kayak mau cerita kisah ditolong Allah aja.. wkwk gaa, genre blog ku kurang lebih adalah persoalan yang sering menjadi fenomena pada diri sendiri.

jika beberapa postingan ke belakang aku sering membahas tentang ikhtiar bagaimana menjadi pribadi yang ini itu. nah tapii gak cukup sampai di situ saja. itu sih okee, cuman ada beberapa hal yang menjadi tonggak keberhasilan. karena jatuhnya sama saja jika hanya mengandalkan diri sendiri, semacam pengen diriku yang begini dan begitu..

Alhamdulillah kemarin siang Allah izinkan hamba ini untuk hadir ke majelisnya Mba Faiza. hehe lagi-lagi beliao, hmmm keren bat sih. ntar kapan-kapan kita bahas tentang beliau kali ya? wqwq eh jangannn nanti malah bikin dosa berjamaah :((
okeee back to the topic. sebagai salah satu rangkaian dari agenda MQMM #2, wah apa pula ini, wah kalo gini nanti aku jadi harus cerita banyak ya? hmmm ya bole sii nanti kita cerita tentang MQMM #2 ini, ntah kapan. aku lagi moodnya bahas yang pen aku bahas aja. sbeenrnya ini juga ndak jauh jauh bahasnya sama postingan ku yang berjudul fight against yourself. nah yang ini adalah jawaban atas prolog yang kemarin. makanya, ternyata nggak semudah itu mau memerangi diri sendiri. lho kok diri sendiri di perangi? mati gimaana dong? wkwkw... ya gitulah males aku njelasin panjang kali lebar per istilah. kemarin udah ngelist gitukan di grup, mau kapan, jadinya kemarin siang jam 13-14.30 di Rumah Quran Inspirasi cabang concat. di sini pun aku juga nda punya banyak waktu buat memaparkan semuanya. namun pada intinyaaa

yaps, sadari bahwa dari segala upaya hidup kita, kita akan slealu butuh yang namanya PERTOLONGAN ALLAH. kenapa gitu?
jujur niiih, semakin beranjak gede dan dewasa, aku semakin banyak menaglami gejolak dalam diri. entah itu gejolak iman, nafsu, atau gejolak untuk meraih segala yang ingin aku raih. Ya Allah, di usia 21 tahun ku ini aku udah ngapain aja, udah dapet apa aja, lama-lama stres sendiri. capek karena nggak bisa maksimal di mana-mana. sampe pertanyaan retoris aku ajukan ke om andalanqu, kenapa ya kita nggak bisa maksimal? jawbaannya ya karena kita manusia. ngerti kan ya maksud manusia di sini? hmmm tapi gengs, mneurutku pikiran kita jan sampe cuman stuck di situ aja. ada hal yang perlu kita gali lagi. karena kalau gitu caranya, kita jadi menyerah, putus asa, dan mentolerir hakikat diri adalah manusia. sadarilah, bahwa kita memang manusia, lemah, suka berkeluh kesah. ya gitu kalau andalan kita cuman diri sendiri. seharusnya jawaban itu dilanjutkan, tersebab kita adalah manusia, maka kita butuh ditolong Allah. sapatu Allah? kan ngga keliatan? ya ini kalau mau dijelasin panjang lagi :( namun poin kita di sini adalah ketidaklihatannya Allah inilah yang kemudian kita sebut sebagai iman. orang, kalau ngga percaya dan ngga ada iman di hatinya, niscaya dia nggaa akan percaya adanya Allah karena ngga yakin. kenapa perlu keyakinan? ya karena ngga terlihat. coba kalau terlihat, kita ngga perlu menghadirkan yang namanya iman. tapi kekuatan iman ini sungguh luar biasa. tak semua orang memilikinya, ketika seorang memiliki iman di hatinya, akan ada keluarbiasaaan dalam hidupnya.

abis dari majelis kemarin siang tu aku jadi mikir-mikir... bring back my self to the past
dulu, pas aku jaman masih kelas 5 SD, sebagai orang yang ajeg dapet ranking 1 dari kelas satu sampe enam wkwkw songongnyaa -_- jadinya aku yang sering ditunjuk ikut berbagai lomba. pas itulah awal mula aku tahajud dan minta biar dapet juara. ya entah yaa karena masih bocil, jadi ngga kepikiran apapun. jadi ketika lomba pun ambisnya masyaAllah.. tau gaa, dulu aku kalo nggak dibangunin jam 3 atau bangun sendiri, aku nangis dan menyesal setengah die wkwk. berasa kehilangan segunung emas gitu. biasanya dulu aku bangun, shalat, trus belajar. belajar? ya kalo dulukan hape belum semenarik jaman sekarang , bisa stalking ig doi, ngoceh di twitter, atau tebar pesona di story wa. yaudah jadi dulu godaan duniawi ngga terlalu beratlah. kalau belajar dari jam 3 pagi itu sampai beberapa menit berangkat sekolah. pulang sekolah, belajar lagi, pokoknya sampe takuuuut banget kalo ngga belajar. takut kalo ngga dapet seratus, apalagi takut remidi. kayak reputasiku bakal ancur kalo aku sampe remidi,  pulang aku akan nangis nangis. shalat fardu juga ngga boleh telat, karena kalo telat nanti keinginanku ngga dikabulin. aku ngga boleh marah sama orang rumah, temen, dll. nanti kalau nyakitin orang dan orangnya ngga ridho bisa menghambat kesuksesanku. bahkan, makan dan mandi aja aku ampee takut, karena waktu 10 menit itu sangat berharga untuk memperkuat ingatan akan hafalan materi atau latihan soal. jadi seeharian buanget itu kerjaanku cuman di kamar, sambil nyebar buku di lantai. trigger buat belajar gede banget, setiap ada yang lupa slalu takut makanya diulang terus ampe bosen. nah, pas di hari H peperangan yang sesungguhnya dimulai. ngerasanya banyak saingan yang lebih wow, liat temen di samping kanan kiri rasanya mereka pinter semua, jadi takut gitu. merasa aku sendiri yang paling ngga bisa ngerjain. pas UN SMP juga gitu. seriously akutu nggak pernah yang namanya les bimbel atau privat gitu. dulu awalnya aku suka dendam kalau try out ranking ku satu sekolah naik turun, nah dari situ aku jadi langsung instropeksi diri, apa ya yang kurang dari aku sampe aku nilainya cuma segitu. oh usahaku yang ini kurang, oh aku kurang doa, oh jangan2 aku lagi sebel sama orang, dll.aku ngga seneng si temen itu yang dapet tertinggi di sekolah. akhirnya aku bertekad bulat, UN beneran aku harus dapet ranking 1!udah habis itu aku bener-bener telateeen banget ngerjain soal, diulang ulang sampe bener2 ngelotok dan paham banget, dan seolah ngg ada bosennya. aku selalu nanyain ke temen yang jago matematika, karena aku pahamnya ketinggalan jauuuuh banget. diatu kalo math serasa encer banget, nah aku si iya tapi kadang doang. entah ya ada kekuatan apa.. tapi aku sekarang mikir kalo kekerenanku jaman dulu itu atas pertolongan Allah aja. yagimana bisa gitu ada perasaan takut jajan, takut buka hape, kalau buka hape nnati aku gajadi dapet yg aku pengen, takut mandi, takut makan, karena takut ilmunya nggak semua masuk. takut nanti gagal. makanya setiap detik rasanya tu puenting bgt. padahal dulu kan belum ada kajian atau punya banyak buku kayak sekarang, tapi entah rasa itu nempel sendiri. jadi sebenernya apa yang membuat timbulnya iman dan pertolongan Allah?

iya, mungkin aja atas sujud-sujud kita.. tengadah tangan kita.. tangisan kita sewaktu berdoa.. dll nanti Allah sendiri yang akan menggerakan semuanya. tangan tangan Allah yang akan bekerja.

aku perna tu, subuhan di musholla yang jaraknya lumayanlah dari rumah. sendirian, karena orang rumah ngga ada yang ke mushola. dateng awal, trus duduk.. pulangnya sepulang imamnya, karena biasanya imam nyampein ceramah dulu abis shalat. nah abispulang tu kayak fresh gitu rasanya. enteng banget. pernah juga dulu abis shalat subuh ngaji sampe waktu dhuha.. tbtb wajah rasanya cerah dan enteng gitu. trus rasanya pengen bersihbersih rumah, pen ngelakuin sesuatu yang bermanfaat. pokoknya semangat banget gitu. jiwanya enteng, ngga pengen marah, lebih tenang juga. rasanya juga pengen terus terusan baca Quran. masyaAllah...

nah nah di masa sekarang ini aku mulai kehilangan semua rasa rasa itu. kadang kita nggak bisa merasanakan nikmatnay iman, nikmanya baca Quran, nikmatnay shalat dll kenapa ya? dan kita pun nggak ada usaha untuk ke sana.  pun kalau dipikir, sebenernya aku sangat merasa tidak pantas dulu sampe bisa juara lomba atau ranking 1 terus, ranking 1 UN. pas ngerjain merasa nggak bisa, pengen nangis, kayak udah pasrah aja... eh pas pengumuman ternyata... ya Allah pengen bilang, ini semua bukan karena usahaku, bukan karena apa-apa. ini semua literally atas pertolongan Allah aja. huhuh ini baru balesan di dunia yak , ketika kita pengen seusatu, menargertkannya, dan membulatkan tekad meraihanya. Allah beneran kasih yang sesuai sama keinginan tuh. lha gimana kalau target ku masuk surga trus seriusan sungguh sungguh ikhtiarnya biar masuk surga, doa (kalau dulu) selalu banget aku, setiap habis shalat doa, kalau nggak doa aku takut nggak dikabulin keinginannku, setiap ada waktu mustajab berdoa, aku berdoa serius pingin buangeetttt.

kemudian aku coba mau merefleksikan sama kehidupan yang sekarang. meski orientasinya berubah, bukan karena pengen juara lomba atau jadi primadona di kelas. padahal dalma setiap hari kita pasti punya targetan dan segala amalan yang itu sifatnya nggak akan teruwjud tanpa ikhtiar. sesederhana kepanitiaan, syuro, atau ngurs lembaga, semua adalah ikhtiar meski tidak ada trofinya.jadi harusnya apa? iya, harusnya sama juga giatnya ikhtiar dan doa. segala ikhtiar di dunia ini kalau dipikir nggak ada tujuan lain selain agar mendekatkan kita ke Allah. sebagai contoh, skripsi. bisa buangettt jadi sarana biar deket sama Allah, saking pengennya skripsi lancar kan, trus minta sama Allah terusan, ikhtiarnya bener-bener serius gitu. mendekatkan diri ke Allah semisal aku sebelum nggarap skripsi harus tilawah sekian juz, aku takut kalau nggak dateng apa atau takut mendzalimi orang makanya di hati-hati, aku takut wkatuku nnati nggak ada yang buat ini itu memenuhi targetku. di samping ektakutan itu aku juga berharap banget Allah.

kadang apa yang dialami masa lalu baru dapet teori dna konsepnya sekarang. padahal dulu aku SD ga pake kerudung, SMP masih pendek bgt dan lepas lepasan, tapi kenapa bisa se wow itu? iya, karena tampilan seseroang itu nggak jamin kedekatan dia sama Allah.

hufft mayan juga nih ceritanya. sekarang ini kita mau dapet nasehat sejleb appaun dari mana mana bisa, apalagi hidup di jogja, kota seribu kajian. so easy mau ngumpulin nasehat. tapi gengs, inget satu hal, kalau bukan pertolongan Allah, semua nasehat, kajian, ikhtiar, apapun itulah, akan sama saja jatuhnya kalau bukan diri kita sendiri yang minta pertolongan Allah atau doa doa. karena kita nggak tahu kapan rahmat Allah turun. contohnya berQuran, sedekat apapun, sebanyak apaun hafalan, akan sama saja kalau tidak ditolong sama Allah. hasilnya akan gitu gitu aja...

mkaanya kenapa doa menjadi koneksi hati dg Allah. dan berdoa kini aku pahami, bukan agar keinginan kita dikabulkan. tapi kita dianjurkan perbanyak doa agar hati kita selalu terkoneksi dengan-Nya. coba rasain deh

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Vaginismus? Bagaimana islam memandang?

Celengan rindu

Review Film Jakarta Unfair dan opini mengenai permasalahan kemanusiaan di Indonesia