siswa teladan

ceritanya ini mau mengambil pelajaran di masa lalu. kan katanya, kalau mau membuat diri lebih baik itu bukan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, tapi bandingkanlah dirimu saat ini dengan dirimu di masa lalu. ceileh bijak tenan aku

kocak banget sih pagi ini, udah beberapa hari yang lalu dibilangin kalau harus presentasi dan review ke dosen etapi aku malah gak ngecek secara detail. trus yah malu sekali ketika teman tau aku nggak aware soal ini. yap,, buat pembelajaran aja ke depannya, jan sampe lupa memerhatikan sesuatu yang penting padahal masih ada waktu buat sekadar liat sesuatu yang nggak aham (penting).

dari 8 siswa yang harus presentasi, yang mana dijadwalkan jam 10 mulai, 4 dosen udah bersiap, eh kitanya yang dateng baru berempat. baru jam 10 lebih lebih fullteam. gimana dong kalau gini? hmm sepertinya kultur jam karet sudah mendarah daging di seluruh umat indonesia.
lanjutnya, kami diminta presentasi, siapapun boleh maju.. tapi kita juga nggak segera maju tuh. semacam tunggu-tungguan. kamu aja kamu aja dulu sana

tibatiba ibu dosen bilang, sekalian tampil tariannya ya mbak. jeder! kita aja latihan baru dua kali selama ini.. Ya Allah
nah yaudah, presentasi cuss jalan aja. dengan kita yang tidak latihan sama sekali tentang tampil di depan, apalagi ini harus presentasi dalam bahasa inggris. sungguh kalau mau diceritakan aku trus merasa sombong gitu jadinya malahan. kenapa? ya karena kita udah diberi nikmat bisa lolos atas seleksi ini tapi setelah mendapatkannya malah kurang serius dalam mempersiapkan segala hal. okelah kita memang masuk UGM dan katanya pinter-pinter. dan okelah kita bisa mencari pembenaran dengan dalih kita sibuk atau ada kesibukan lainnya yang lebih urgent. note besar buat diriku juga , karena ngomong gini juga bagian dari proses mentarbiyah diri ((wkwk ketahuan lu harakahnya apa deh))
jujur sih,, dalam benakku aku malu sama ibu dosen yang beliau harusnya kita tadzimi dengan bener.. masak kita datengnya telat? songong bener jadi murid! bisa apa emang, nggarap skripsi aja nggak kelar-kelar.. tuh dosen, sekalipun kita nggak suka tapi beliau bisa jadi dosen ya karena sudah bersekolah minimal 18 tahun lamanya.nah kita??
udahlah yaa kita presentasi cuma mempersiapkan ppt dan itupun nggak bener-bener mempersiapkan. ppt jadi, trus presentasi. walhasil, ngomong plegak-pleguk, gagigu, dan yap pantes kalau kita banyak dikomen sama dosen mulai dari performa sampai kontennya. meski aku nggak banyak ngomong di kesempatan ini, aku malah banyak merenungi.. dan teringat sewaktu SD dulu pernah lomba siswa teladan.
3 presentasi telah dilewati, proses review oleh dosen hari ini diakhiri dengan penampilan tarian nusantara yang mau kita bawakan di sana. tau nggak, kita selama ini baru latihan 2 kali. mahasiswa, tampil di depan dosen, kalah sama anak TK yang nari pasti. ya, ecek-ecek sekali :( bisa apalah aku, cuma bisa gerak semaksmal-maksimalnya deh..

siswa teladan.
dulu waktu duduk di bangku sekolah dasar, aku terpilih jadi representasi sekolah di kancah kecamatan. bangga? jelas, karena seseorang yang menjadi perwakilan sekolah itu bukan abal-abal, tapi memang pilihan sekolah. ini sih kayaknya efek aku ranking satu dari kelas satu sampai kelas lima, bahkan sampai ujian akhir sekolah wkwkw songongg. iya, tapi bukan songong poinnya.
jadi perwakilan lomba siswa teladan se-kecamatan? euuhhh nggak main-main. teladan, berarti kamu harus bisa segalanya. nggak cuman bisa ngerjain soal ujian tanpa mencontek aja, secara softkill kayak pidato, dan public speaking juga diuji. inget banget dulu, bisa main pianika (piano tiup), senam SKJ inget 99% tanpa ada yang nyontohin, bisa buat kerajinan tangan super rapi dalam waktu satu jam, bisa pidato tanpa lupa teksnya, tentu juga belajar semua mapel yang mau diujikan. bagi bocil kelas 5 sd kalau orang tua pasti ya bangga ketika bisa melakukan itu, anak nya naik kelas aja bangga, hmm apalagi bisa juara?
nah dulu.. sama guru kelas 5 sd ku, bener-bener digembleng setiap hari. setiap hari harus latihan pidato tanpa teks, latihan pianika, senam, ngerjain soal, dsb. padahal kalo maju di depan kelas aku minder, tangannya goyang semua.. sampai pernah merasa iri sama temen cowok yang jadi partner lombaku, karena dia dipuji sama guru waktu latihan. terus, aku cuma bisa bertekad aku akan berlatih lebih giat!
gak nyangka bangettt banget banget... lagi perjlanan pulang dari tempat lomba itu, dikabari kalau piala juara 1 udah nyampe ke SD ku. kebetulan waktu itu lagi ada pertemuan dengan wali murid siswa kelas 6 dan dipamerin deh pialaku itu ke wali murid. gimana rasanya? huhuhhu campur aduk.
aku inget banget mulai dari persiapan lomba sampai hari H, yang ada hanyalah perasaan takut nggak bisa dan berharap juara 1. rasa itu yang terus bergantian.. kalau ada teman SD lain sesama peserta, aku selalu merasa paling rendah, paling nggak bisa, atau mereka lebih wow kayaknya.. tapi aku juga masih berharap dapet juara 1 sambil mulut komat-kamit berdoa.
hasil memang tidak menghianati usaha, sekalipun usaha kita sebenarnya jauh dari hasil yang didapatkan. namun, begitulah ketika ikhtiar terus dibumikan dan doa terus dilangitkan ke Allah.. Allah memberi hasil berupa predikat juara 1 siswa teladan tingkat kecamatan.
lebay ya? haha, memang.. tapi banyak pelajaran yang akhirnya pelajaran itu terus aku ingat sampai saat ini tentang arti perjuangan. poiinnya bukan di juara 1 siswa teladannya, apalagi juga cuma tingkat kecamatan kok, kabupaten pun nggak nyampe. nggak ada yang bisa dibanggakan, kan?
masalah juara... mana ada orang yang nggak seneng sama juara? juara 1? ada? nggak.. semua orang pasti sneeng, pasti memuji, dan itu otomatis biasanya pujian meluncur dari mulut orang-orang. bahkan kalo pulang lomba dan dapet juara, di rumah pasti aku dibopong sama om dan dilempar-lempar sampe atap (wkwk, saking kurusnya dulu, ringan banget). karena perasaan bangga sekaligus haru.

jadi bayangin.. kalau persembahan terbaik, melakukan ikhtiar maksimal, kita orientasikan ke Allah, apa hasilnya? pasti Allah suka. orang dapet juara gitu aja, orang2 secara otomasti seneng banget,, gimana kalau kita melakukan amalan atas dasar iman pasti Allah suka banget kan?
maklum lagi.. manusia kan bukan malaikan yang selalu sempurnya bisa gitu...

gitu yaa,.. ketika usaha kita berorientasi pada hasil yang terbaik.
semua butuh persiapan...
aku juga inget tadi, inget sama rutinitas sholat kita. yang selalu diawali denagn persiapan. ada yang ketika solat nggak pake persiapan? sholat nggak pake wudlu? baju najis asal dipake? nggak menutup aurat? nggak ada kan.. iya, semua butuh persiapan
ketika nggak persiapan, jadinya ya gitu, menyakiti hati orang lain yang sudah berharap. mau lihat tampilan presentasi, eh ternyata persiapannya masih kurang banget. niat nggak sih sebenernya?
untung ya untung.. dosennya baik, jadi beliau yang sebenarnya aktivitasnya jauh lebih padet dari kita masih berlapang dada menyaksikan performa presentasi kita yang tanpa persiaapan itu. udah tadi dateng telat, masih kurang persiapan juga.. dobel kecewanya!

selain itu.. kalau flashback di masa lalu, selalu inget sama diri ini yang semangat banget ghiroh belajarnya. belum terkontaminasi sama hape. dan setiap kesempatan mempergunakan denagn sebaik-baiknya.. bahkan, rasanya nggak ada kata males. sampai lupa makan lupa mandi kalau yang udah namanya belajar
pun, waktu dulu suka mengkoordinir temen2, sampai akhirnya bisa ngasih penampilan terbaik.. drama CInderella yang disutradaai oleh saya, dance regu pramuka yang dapet juara 1 karena hasil koreografi buatan saya dan teman2 manut.. huhu masya Allah dulu kok bisa ya sesemangat itu.
sekarang di organisasi atau urusan akademik, malah suka males-malesan.. ghiroh belajar suka luntur. apa ini bagian dari mengkufuri nikmat? dikasih nikmat banyak tapi nggak bersyukur..

terus perbaiki.. terus perbaiki.. menginstropeksi diri terus apa yang salah. sesekali memang perlu melihat spion untuk tahu apa yang di belakang, agar ketika mau membuat suatu keputusan tidak salah karena udah melihat belakang. liat spionnya juga nggak lama-lama, kalau kelamaan nanti malah nggak maju-maju dan nabrak :(
cukup sebentar untuk merefleksikan apa yang sudah didapat dulu dan pelajaran apa yang bisa diambil.. setelahnya, tancap gas lagi mau ke mana kendaraan hidup di dunia ini mau diarahkan agar mencapai tujuan akhirnya. mau ke mana kita?? surga yang diridhoi-Nya!

bismillah,, terus mengulang-ulang ingatan tentang tujuan stasiun akhir kehidupan. jangan sampai lupa tempat sebaik-baik kita pulang.. bukan kampung halaman rumah, tapi kampung akhirat.

ibaratnya naik motor non, pasti kamu punya tujuan. misal dari rumah mau ke jogja naik kendaraan, pasti ada tujuanya,. kan Allah udah bilang. "Did you think We created you without any purpose?" (QS. 23:115)
kalau tanpa tujuan, pasti kamu di jalan cuma muter-muter nggak jelas, bingung mau ke mana. iya.. jadi ketika kamu udah di perjalanan dan pake motor, pasti ada tujuan di sana. ya kan? jarang banget pasti kita mengendarai motor di jalan tanpa tujuan. pasti ada tujuannya.. cuma nggak semua orang paham tentang konsepsi logika ini. akhirnya hidup di dunia seakan-akan waktu bangun tidur kerasa laper ya makan.. kerasa capek ya tidur.. kerasa nggak punya duit ya cari kerja biar dapet gaji.. gitu kan? tanpa paham makna hidup sesungguhnya ke mana
begitu pula ketika naik motor di perjalanan kita sering berhenti, pastikan berhentinya bermanfaat. misal, ngecek google maps karena susah alamatnya. abis itu langsung cus lagiii.. ngecek gugel maps pun sebenernya buang waktu kan? iya kalau udah paham jalannya tinggal jalan aja. tapi kalau maish belum paham, sesekali butuh buka pedoman arah tujuan.
ya gitu.. lagi-lagi kalau kita berhentinya dalam hal sia-sia. waktu cepet habis dan nggak menunjang tujuan cepat tercapai. coba aja fokus... fokus terus... kalau pun berhenti karena lelah menjalani kendaraan dunia demi menuju kampung akhirat, berhentilah sejenak. sejenak saja, kalau rasa lelah sudah hilang, cus lagi otewenya.. biar cepet sampai ke tujuan.
sama ketika kita dibebankan amanah di pundak.. ibaratnya diamanahkan sesuatu buat sampai di tempat tujuan, pastikan bawa amanahnya bener, nggak jatuh di jalan, dan sampai di tempat tujuan dalam kondisi baik dan selamat. kalau amanahnya berupa kue yang paling disukai orang di rumah dan sampai di rumah dalam kondisi selamat itu kuenya, bisa dimakan, pasti semua penghuni rumah senengkan? iyalah seneng banget... kita sebagai yang membawakan amanah kue pun bakalan seneng banget, karena perjuangannya terbayarkan sudah.
sama juga, ketika sekarang kamu diamananahkan skripsi. tujuan akhirnya apa? skripsi selesai dengan berkah kan? yaudah.. itu jadi tujuan akhir. kendaraannya ya terus digas teruss dengan kecepatan stabil aja, kalau kecepatan banter nanti nabrak nabrak kamunya, jatuh, dan sakit. kalau kecepeatan model lambat, selesainya jelas lamaaa banget. kamu ketinggalan sama sesama pengedara motor lainnya yang berlalu-lalang di samping. kalau lagi semangat ngegas.. ada saatnya direm.. pelan dulu,, hati-hati biar selamat diri ini. kalau lagi nggak semangat mungkin lelah dan capek, ya berhenti sebentar, habis itu lanjut lagi.. atau tetep digas tapi pelan aja.. asal selamat, kan?

eheheh kok jadi ke mana-mana yak? padahal tadi niatnya mau bahas siswa teladan aja.. wkwk gini nih kalau udah asyik nulis hikmah-hikmah kehidupan yang Allah titipkan di setiap peristiwa dan makhluk yang ada, ngggaaak akan ada habisnya

smoga.. tulisan ini sering dibaca ya, diinget terus apa yang mau dilakuin setelah ini. setelah jalan lurus, ada pertigaan, mau ambil belok kanan apa kiri? persiapkan.. riting kanan atau kiri. pokoknya di hati-hati bener selama di atas kendaraan dunia. biar selamat dunia akhirat tentunya... yeay!!!

Comments

Popular posts from this blog

Celengan rindu

Apa itu Vaginismus? Bagaimana islam memandang?

Review Film Jakarta Unfair dan opini mengenai permasalahan kemanusiaan di Indonesia