sedih : rasa yang semu

hehe, Alhamdulillah kemarin tanggal 30 Juni 2020 tertakdirkan sebagai tanggal sidang skripsi ku.
seneng? tentu, sudah berjuang sedemikian lama dan lelahnya, akhirnya bisa dipresentasikan. lagi lagi corona membuatku belajar, bahwa dunia bukanlah apa-apa. aku sidang, tak ada yang menyemangati kecuali teman-teman yang tau sendiri, tak ada bunga ataupun puisi wkwk, slempang jajanan juga gaada. biasanya kalo skripsi langusng foto bahagia pake hitam putih pegang bunga trus berslempang kan? aku sebenernya males foto, jadi foto hitam putih lalu tutup muka pake skripsi, selain karena panas sih hehe. jadi yaa mungkin bagi sebagian orang hal ini agak menyedihkan.. tapi yasudahlah. jadi paham arti bahagia, karena bahagia di dunia hanya sementara~

setelah sidang itu, aku malah agak sedih, dan sorenya ada temen dateng ke rumah, agak gak sedih lagi deh. nah tapi... aku jadi lupa kalau hari itu adalah deadline ngumpulin berkas sertif lomba dan exchange yang bisa dituker dengan uang. mayan banget euy, 3 sertifku kalau dituker bisa dapet 550k. sebenernya aku udah tau pengumumannya sejak mei, trus minta scan sertif sama temen di asrama (jogja) udah tanggal 9 juni.. lama banget kan, harusnya aku udah pasti upload tu. cuman karena  pas hari terakhir, tgl 30 Juni aku abis sidang sedih haha, jadinya lupa deh. karena capek juga kali yaa.

intinya selama di rumah sih, lebih banyak sedih. seperti hari ini, aku menyesali kebodohanku itu terllau dalam. sampai kepikiran ke mana-mana, mikir keluarga, ... berjam-jam aku sedih, sampai mataku bengkak dan mulai menghitam. tak ada juga orang yang menghapus air mataku ... seidh banget yak wkwkwkwk

kadang merasa cengeng banget, gitu aja sedih. tapi di rumah justru jadi momen banyak sedihku. ternyata selama kuliah di jogja aku hebat banget, ga pernah sesedih ini. bisa always on lah semangatnya.

ngomong-ngomong tentang sedih.. sebenernya buat apa sih ya? kalau orang yang waras (gak lagi sedih) pasti bilang, buat apa sih sedih? toh kesempatanmu gak bakal kembali lagi. justru kalau sedih, membuang waktu yang sekarang. hmmm

mungkin dalam hidup ini kita pernah sesekali berada di titik terendah. kita merasa ga punya daya upaya untuk semangat hidup. kita hanya punya air mata tuk menangis.. saat sedih, kita membiarkan sedih menyelimuti diri, air mata membasahi pipi. biar lega..

tapi sob... sedih yang lebih dari 5 menit, itu bahaya banget! tau ndak kisah orang-orang di channel berita, orang bunuh diri, gantung diri, dll? iyap, itu berawal dari sedih yang terus dihayati. orang sedih biasanya sulit disuruh bangkit, karena sudah nikmat dengan dunia kesedihannya. rasanya tu jadi seru mikirin ini itu, lalu otak memerintahkan syaraf kepada pusat air mata untuk lakrimasi. yaudah deeh... jadi nangis kan. jangan percaya kalau orang nangis lalu bilang nggak apa-apa! jangan, serius. pasti dia kenapa-kenapa, cuman berat untuk menjelaskan.

lalu, apa emang bahayanya? sedih itu manusiawi, tapi kalau berlarut-larut jadinya nggak manusiawi lagi wkwk. yah itu tadi, kita akan hanyut dlama dunia fiksi sedih. kita jadi mencari-cari kesedihan untuk semakin mengeluarkan air mata. kita terus menggali ingatan, berpikir itu kenikmatan, lalu air mata semakin tak tertahan. nah kalau udah gitu.. biasanya bikin males ngapa-ngapain. mata juga udah terlanjur bengkak, gaenak bangetlah. akibatnya, kita jadi nggak bersegera ingat kepada Allah, minta ampun sama Allah, atau mendekat ke Allah. bagi orang yang lagi lemah imannya, sedih bisa jadi celah setan untuk membisikkan segala hal di luar nalar. seakan hidup ini harus usai dengan kematian, dengan lenyapnya kita dari muka bumi. nah makanya, kenapa orang yang lagi sedih, atau emosi, cenderung gabisa mengontrol itu semua. fatal deh.

gimana dong mencegah supaya nggak berlarut sedihnya? kita sendiri bsia banget kok mengatasi sedih itu, tanpa harus ada orang yang memeluk, mengusap air mata di pipi ceilaah.
ini tips dari aku sih, pengalaman.
pertama, sadari dulu masalahnya apa. coba dari masalah itu dikelompokkan, dia termasuk masalah duniawi atau ukhrawi? kalau ada kaitannya sama ukhrawi, segera perbanyak dzikir. kalau masalah duniawi, yaa lupakanlah wkwk. biasnaya susah sih melupakan, tapi cari kesibukan yang lain aja.
kedua, kalau uda sadar masalahnya, menurutku sih gausah terlalu mikir macem-macem lagi. tarik nafas, lepaskan.. trus duduk, atau berdiri. ambil air wudlu, ngaji. atau duduk, minum air putih, istighfar...

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Vaginismus? Bagaimana islam memandang?

Celengan rindu

Review Film Jakarta Unfair dan opini mengenai permasalahan kemanusiaan di Indonesia