coba deh, JAUHI SETAN! TUTUP CELAH MASUKNYA!!

 pernah ga sih merasa maleeeessss bgt. mau ngapa-ngapain rasanya berat bgt.

tau kah kalau sikap bermalas-malasan ini bisa menjadi karakter kita?

misal, malas bekerja atau mengerjakan sesuatu, maka kita oleh orang lain akan dianggap sebagai orang yang pemalas, tidak punya etos kerja yang baik, tidak bisa diandalkan

dampak dari malas ini sungguh tidak baik..

dan taukah? malas itu asal mulanya dari setan. ketika kita malas melakukan pekerjaan yang bernilai kebaikan atau berbuah kebermanfaatan, bukan cuma dalam perkara ibadah deh, bahkan semua orang itu punya setan dalan dirinya, entah dia agamanya islam, kristen, konghucu, katolik, hindu, budha, semua orang dibekali bisikan bernama setan. nah setan ini punya visi misi, kenapa dia menggangu manusia, misi terbesarnya adalah membuat manusia berdosa, lalai dari mengingat siapa Tuhannya. sehingga nanti balasan di akhirat  adalah neraka, cuma itu yangd iinginkan sama mereka.

nah kabar baiknya, seorang muslim itu punya yang namanya iman. ketika dalam diri seorang muslim tumbuh iman, maka dia punya tameng untuk mengusir bisikan setan.

memang, semua orang itu Allah berikan kebutuhannya, sebagaimana sifat ALlah yaitu pengasih. namun, tidak semua orang diberikan sayang sama Allah sebagaimana sifat penyayangnya Allah.. speerti dalam lafaz basmallah, dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

tau ga rasanya dikasihi, dicukupi? tau juga ga rasanya disayang? pasti beda...

nah itu.. enaknya jadi muslim, udah dikasih dicukupi, disayang pula sama yang nyiptain seluruh alam semesta ini


salah satu rasa sayang yang Allah berikan ke kita adalah dengan petunjuk yang diberikan Allah melalui al Quran, berupa arahan agar kita tidak mengikuti langkah-langkah setan. kenapa? pada dasarnya fitrah semua manusia itu sama. namun, tidak semua orang sadar bahwa dalam dirinya ada yang namanya ruh, ruh ini yang kemudian mengoneksikan manusia dengan perasaan iman kepada Tuhannya. lalu mana yang harus kita imani sebagai manusia? Allah sudah pernah bilang kalau agama yang Allah ridhoi adalah agama islam. dari situlah kita jadi paham dengan adanya rukun iman dan rukun islam. eheheh ko pembahasannya jadi kemana-mana sih

lalu, apa saja yang dimaksud celah-celah masuknya setan?

jawabannya, semua yang Allah larang, itu membahayakan karena mendekatkan diri pada setan, setan tugasnya menjerumuskan manusia ke neraka.

sampai di sini paham?

jadi kenapa kita males? males itu sifat yang dibisikkan setan. loh kobisa setannya membisiki kita? setan masuk lewat mana?

setan bisa masuk melalui celah yang kita buka sendiri. sebagaimana yang pernah kita dengar, balasan keburukan adlaah keburukan, dan balasan kebaikan adalah kebaikan. ketika kita melanggar aturan Allah, bermaksiat, dan lain sebagainya, maka dari situ kita akan dipermudah melakukan hal tidak baik lainnya. misal nih, bermaksiat karena nonton video porno, atau berbohong, atau tidak mengucapkan basmallah atau tidak berlindung dari godaan setan, atau sesederhana dekat dengan lawan jenis padahal tidak ada kepentingan apapun, kemudian setan dengan mudahnya merasuki manusia. mungkin ketika melakukan hal maksiat itu kita merasanya nikmat, tapi ketika kita sudah selesai dari maksiat, kita akan menyesalinya. karena kita tadi berbuat maksiat, di waktu yang lain, kita jadi mudah malas, karena tadi sudah emmbuka celah masuknya bisikan setan dengan melakukan hal maksiat. makanya kenapa kita sebisa mungkin selalu berzikir kepada Allah setiap wkatu. agar jiwa kita yang mungkin suatu saat nanti tidak sadar, tidak dikuasai oleh setan ataupun nafsu. karena ingat lagi, bahwa balasan keburukan adalah keburukan, begitu pun dengan kebaikan.


pernah nggak merasakan abis sholat penuh khusyuk atau baca al Quran begitu rasanya jadi langsung semangat? jadi enteng melakukan hal lainnya?

kalau pernah, selamat! itu namanya berkah. sesederhana makan, yang ketika makan dilandasi rasa syukur, diawali dengan berdoa, ditutup dengan doa juga, makan sesuai adabnya, tidka berlebihan, setelah makan kita merasa bersemangat melakukan pekerjaan lain. bahkan bisa tidak merasakan capeknya.

begitulah intinya... kita harus sesering mungkin melakukan hal yang mengundang masuknya setan melalui celah-celah tertentu itu. dengan cara apa? berdoa, minta perlindungan sama Allah, berzikir agar niat selalu lurus, 


makanya, coba jauhi hal-hal yang tidak disukai Allah itu.

kalau masih berat juga caranya dengan patahkan! patahkan kekuatan malas dalam dirimu itu. jika tadi si setan terlanjur masuk ke celah yang tidak sengaja kita buat, maka sekarang keluarkan setan penyebab rasa malas itu dengan paksaan. dorong terus!! pepet terus!!! sampai setannya betul-betul keluar dan hilanglah rasa malas yang memberatkan tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Vaginismus? Bagaimana islam memandang?

Celengan rindu

Review Film Jakarta Unfair dan opini mengenai permasalahan kemanusiaan di Indonesia